Wednesday 11 July 2012

Konfigurasi Windows XP agar bisa menjalankan ASP.NET


.Net Framework yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi clr-compliant, seperti asp.net misalnya, baru ada dalam paket windows xp proffesional service pack 2. Versi yang terdapat didalamnya adalah .net framework versi 1.0 atau 1.1. Sedangkan untuk Windows XP Prof SP1, belum memiliki .net framework didalamnya, walaupun tidak terdapat didalam paketnya, .net framework dapat didownload secara manual dari Microsoft, itu artinya Windows xp proffesional tersebut bisa juga digunakan untuk menjalankan atau membangunn aplikasi clr-compliant yang membutuhkan framework .net tersebut.
       Untuk dapat menjalankan atau membangun aplikasi asp.net, wndows xp proffesional yang akan digunakan harus menjalankan web services, pada semua paket windows xp proffesional sudah terdapat sebuah web server yang  dinamakan IIS (Internet Information Services).
      Setelah IIS terpasang pada windows xp proffesional, Komputer sudah berfungsi sebagai web server, web yang default-nya dapat menangani website dengan file HTML, ataupun asp. Untuk menjalankan web server sebagai server aplikasi web ASP.NET, IIS harus di konfigurasi terlebih dahulu dengan mengeksekusi sebuah file pada direktori instalasi .net framework yang bernama aspnet_regiis. path defaultnya adalah sebagai berikut :
C:\WINDOWS\Microsoft.NET\Framework\v1.1.4322\aspnet_regiis
File ini harus dieksekusi pada command prompt windows dengan opsi -i . Setelah sukses berarti IIS webserver pada windows xp proffesional tersebut sudah dapat digunakan sebagai server aplikasi web asp.net, IIS dapat mengeksekusi file berekstensi *.aspx, yang merupakan tipe file dari asp.net

No comments:

Post a Comment